Langkah langkah proses membeli rumah subsidi, Lengkap!

Berikut penjelasan mengenai proses pengajuan KPR rumah subsidi dari awal hingga terima kunci. Mudah mudahan bisa sedikit membantu kamu yang berencana membeli rumah.

proses membeli rumah subsidi

Booking

Booking artinya tanda jadi dan langsung pilih posisi rumah yang diinginkan. Besaran booking dikisaran 500.000 sampai 1.500.000, tergantung ketentuan pada saat itu. Jangan lupa minta kwitansinya dan perlu dicatat bahwa booking tidak bisa kembali dengan alasan apapun

Mengumpulkan berkas permohonan KPR

Berkas syarat yang harus disiapkan, bisa baca di https://karawang123.com/syarat-pengajuan-kpr-rumah-subsidi-terbaru. Lama pengumpulan berkas biasanya maksimal 2 minggu. Pengembang tertentu bisa jadi akan mencoret pengajuan kamu sepihak, jika sudah melebihi batas waktu pengumpulan. Jadi segera jangan ditunda tunda ya..

Wawancara dan Verifikasi

Ini tahapan interview antara kamu dengan pihak bank. Yang ditanyakan biasanya seputar pekerjaan dan data pribadi. Jawaban harus sama ya dengan yang kamu tulis di berkas pengajuan. Ga usah gugup, santai saja.. disarankan sebelum wawancara, tanya tanya dulu ke marketingnya agar smua berjalan lancar.

Setelah wawancara, data yang dikumpulkan akan diverifikasi dengan menhubungi telepon kantor perusahaan kamu dan kontak darurat. Jika OK dan memenuhi kriteria, maka permohonan KPR disetujui dengan diterbitkannya SP3K.

Segera Bayar DP !

Jika sudah terbit sp3k/acc, jangan lupa bayar DP dan segera lunasi. Perjanjian diawal dengan marketing seperti apa? apakah dp bisa dicicil atau harus lunas dalam waktu tertentu?

Akad Kredit

Akad rumah subsidi dilaksanakan apabila fisik rumah telah terbangun minimal 90%, dan apa saja yang dipersiapkan saat akad ?

  1. Akad Bank
  2. Akad Notaris

Penting untuk diketahui bahwa saat akad Wajib membawa KTP Asli dan Pasangan (bila menikah). Persiapkan juga  sejumlah materai dan fotocopi identitas sebanyak 4 rangkap (kk,ktp,npwp,surat nikah).

Terima Kunci, dll

Setelah akad segera minta kunci atau menunggu beberapa hari lagi jika memang bangunan belum 100%. Kamu minta juga PK (perjanjian Kredit), Buku tabungan, SPPT PBB dan garansi compliant (jika ada), serta administratif lainnya yang dirasa perlu.

Oke cukup sekian pembahasan dikesempatan ini. Semoga bermanfaat. Salam.