• Direktori Properti Karawang
Your search results

Langkah langkah proses membeli rumah subsidi, Lengkap!

Promo

Disini akan dijelaskan urutan waktu (kronologi) proses pengajuan KPR rumah subsidi secara sistematis dari mulai booking sampai terima kunci. Mudah mudahan bisa sedikit membantu kamu yang baru pertama kali ngambil rumah..

  Booking

Booking artinya tanda jadi dan langsung pilih posisi rumah yang diinginkan. Biasanya booking rumah tapak dikisaran 500.000 sampai 1.500.000, tergantung ketentuan developernya. oh iya jangan lupa minta kwitansinya dan perlu dicatat bahwa booking ga bisa kembali dengan alasan apapun

  Ngumpulin persyaratan KPR

Berkas syarat yang harus disiapkan, bisa baca di https://karawang123.com/syarat-pengajuan-kpr-rumah-subsidi-terbaru. Lama pengumpulan berkas biasanya maksimal 2 minggu. Pengembang tertentu bisa jadi akan mencoret pengajuan kamu sepihak, jika sudah melebihi batas waktu pengumpulan. Jadi segera jangan ditunda tunda ya bro

  Wawancara

Kamu akan diundang oleh pihak bank untuk diwawancarai 4 mata dengan pertanyaan seputar pekerjaan dan data pribadi. Jawaban harus sama ya dengan informasi berkas yang sudah kamu kumpulkan. Ga usah gugup, santai saja.. disarankan sebelum wawancara, tanya tanya dulu ke marketingnya agar smua berjalan lancar.

  Nunggu hasil ACC atau REJECT ?

Biasanya 1 minggu setelah wawancara, marketing akan memberitahu hasil pengajuan kredit kamu, apakah disetujui atau ditolak? Penyetujuan KPR ditandai dengan terbitnya SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit). Jadi jika sudah terbit sp3k atas nama kmu, ya selamat anda sudah di acc.

Tapi jangan senang dulu, jangan pernah ambil kreditan lain sebelum dilaksanankan akad KPR, karena akan ada BI Checking ulang yang beresiko akad kamu dipending.

  Segera Bayar DP !

Jika sudah terbit sp3k/acc, jangan lupa bayar DP dan segera lunasi. Perjanjian diawal dengan marketing seperti apa? apakah dp bisa dicicil atau harus lunas dalam waktu tertentu?

  Akad Kredit

Perlu kamu tau, akad rumah subsidi akan dilakukan apabila bangunan rumah minimal sudah 90%, berbeda dengan rumah dengan KPR komersil. Tidak mungkin akad dilaksanan jika rumah masih belum beres. Makanya sering seringlah pantau progress pembangunan rumah kamu, supaya jangan kaget kalo tiba-tiba diundang akad dan kamu belum siap 😀 . Rumah tapak terbangun 100% umumnya memakan waktu 2 sd 3 bulan. Jadi sudah tidak perlu lagi bertanya kapan akad?

Apa saja yang dilakukan saat akad ?

  1. Akad dengan Bank pemberi KPR
  2. Akad dengan Notaris

Pada saat akad notaris, kamu akan diminta materai sekitar 30 lembar dan fotocopi identitas 4 rangkap (kk,ktp,npwp,surat nikah) dan saat akad dengan bank, kamu diminta untuk memperlihatkan KTP asli. Jangan lupa bawa pasangannya ya, jangan ditinggal dirumah hehee..

Saat akad usahakan pake baju yang rapi, rambut disir, kalo bisa ya pake minya wangi, karena itu akan menjadi cerminan seberapa seriusnya kamu pengen punya rumah, dan pihak bank menilai. Artinya jika kamu serius, maka perjalanan kredit kamu akan selalu lancar, dan bank pun senang.

  Terima Kunci, dll

Setelah akad segera minta kunci atau menunggu beberapa hari lagi jika memang bangunan belum sempurna. Kamu minta juga PK (perjanjian Kredit), Buku tabungan, SPPT PBB dan garansi compliant (jika ada), dan administratif lainnya yang dirasa perlu.

Oke cukup sekian pembahasan dikesempatan ini. Semoga bermanfaat.. Tetap semangat!

Compare Listings