Hasil carian Anda

Langkah langkah proses membeli rumah subsidi, Lengkap!

dikirim oleh pada 15/03/2016
| Blog
| 0

Dihalaman ini akan dijelaskan step by step bagaimana kronologi proses pengajuan KPR rumah subsidi. Agar pembaca lebih memahami apa, bagaimana, dan seperti apa rumah subsidi, sebaiknya baca terlebih dahulu artikelnya. Oke gak perlu lama lama lagi, simak pembahasan dibawah ini…

  • Datang ke kantor pemasaran dan BOOKING

Datang langsung ke kantor pemasaran atau jika sudah mendapatkan brosur perumahan, hubungi salesnya! biasanya di brosur sudah dicantumkan nomor hp atau bbm, kemudian janjian di kantor pemasaran. Bisa juga kamu buka halaman rumah subsidi di karawang, sebagai referensi lengkap perumahan mana saja yang sekiranya cocok buat kamu.

Bila sudah bertemu, si marketing akan menjelaskan tipe rumah beserta rincian harga, DP, dan cicilannya. Skip..Skip.. Oke saya anggap kamu sudah sepakat dengan rinciannya yah, kemudian bookinglah segera agar unit yang anda inginkan segera dikunci dan tidak diambil oleh pembeli lain.

Yang harus kamu tau adalah uang booking tidak bisa kembali jika batal dan pembayaran booking fee harus disertai dengan bukti pembayaran atau kwitansi resmi dari developernya.

 

Kwitansi Booking Asli

Kwitansi Booking Asli

 

 

 

  • Mengisi Form Bank pemberi kredit

Sesudah booking, kamu akan diberi formulir dari bank pemberi kredit (saya contohkan Bank BTN) yang harus diiisi kemudian dikembalikan max 2 minggu berbarengan dengan form FLPP dan persyaratan (baca di langkah 3 & 4). Apa saja kolom formulir yang harus diisi? lihat gambar dibawah ini :

 

Form BTN

Form BTN

 

Form BTN setelah diisi

Tampilan Form BTN setelah diisi

 

 

  • Mengisi Form FLPP

Setiap pembelian rumah subsidi wajib mengisi form flpp yang kemudian nanti diserahkan ke salesnya paling lambat 2 minggu, beserta dengan form btn dan persyaratan. Bagi yang belum tau apa itu FLPP, baca artikelnya. Berikut gambarannya :

 

Ket Penghasilan ke HRD

Ket Penghasilan ke HRD

 

Ket belum memiliki rumah ke kelurahan

Ket belum memiliki rumah ke kelurahan

 

FLPP Hal. 1

FLPP Hal. 1

 

FLPP Hal. 2

FLPP Hal. 2

 

FLPP Hal. 3

FLPP Hal. 3

 

FLPP Hal. 4

FLPP Hal. 4

 

FLPP Hal. 5

FLPP Hal. 5

 

FLPP Hal. 6

FLPP Hal. 6

 

 

  • Mengumpulkan berkas persyaratan

Dokumen persyaratan untuk mengajukan KPR rumah subsidi silakan kamu baca dulu disini. Oke lanjuutt lagi… Apabila berkas persyaratan sudah terkumpul lengkap, periksa kembali agar tidak ada yang kurang-kurang, sehingga kamu tidak bolak balik ngasih berkas. Mending kalo deket nganternya, nah kalo jauh kan repot tuh :D. Biasanya berkas harus sudah disetorkan ke marketing selambat lambatnya 2 minggu sejak booking beserta dengan form flpp dan form BTN yang sudah saya jelaskan diatas.

Tips memeriksa berkas yang benar adalah ambil kertas kosong dan tulis list persyaratannya apa saja, kemudian cocokkan list daftarnya dengan berkas yang ada, sehingga kekurangan berkas bisa dihindari.

 

 

  • Wawancara

Wawancara dilakukan pihak bank ke calon debitur bisa melalui telepon saja atau diundang langsung ke kantor pemasaran serentak rame rame ke semua pemohon KPR. Kegiatan wawancara dilakukan untuk verifikasi data dan mengkonfirmasi ulang dari berkas persyaratan yang diajukan pemohon KPR.

Pada saat hari-H wawancara, usahakan pakai baju yang rapih, wangi, rambut disisir ya. Karena penampilan dapat mencerminkan keseriusan dalam upaya memiliki rumah. Kalo kita serius, pihak kreditur pun akan dengan semangat dan yakin kalau kamu nantinya akan bayar angsuran disiplin dan tepat waktu.

 

Tahapan Wawancara

Tahapan Wawancara

 

 

  • Duduk manis nunggu SP3K

SP3K singkatan dari “Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit” berupa lembaran kertas yang diterbitkan Bank pemberi kredit, bahwa permohonan kredit rumah kamu di ACC. Untuk lebih jelasnya baca artikelnya.

Didalam SP3K berisi biaya proses, nilai plafon yang disetujui, tenor kredit, dan angka cicilan perbulan.

Jpeg

Penampakan SP3K

 

 

  • Akad Kredit

Ini merupakan momen klimaks dari perjalanan sebuah proses KPR. Ibarat sebuah akad pernikahan yang begitu khusyu dan sakral, Akad kredit pun sama. Pihak Bank mau memberikan akad kredit rumah subsidi apabila bangunan dibangun minimal 90%.

Tempat pelaksanaan akad biasanya di lokasi Bank pemberi kredit, namun ada juga developer yang mau memfasilitasi pelaksanaan akad di gedung. Biasanya calon nasabah KPR disuruh membawa materai sejumlah tertentu pada pelaksanaan akad, dan menandatangani dokumen dan lampiran penting lainnya. Setelah semua beres, kamu mulai menyicil angsuran 1 bulan setelah akad, dan perlu diingat juga jatuh temponya.

Oke Sekian dulu dalam pembahasan Proses Pengajuan KPR Rumah Bersubsidi. mudah mudahan bermanfaat lebih kurangnya mohon maaf, jika ada masukan silakan berpartisipasi dalam komentar dibawah ini.

Bandingkan Listing2